Standar Akuntansi untuk UMKM

Posted: February 1, 2010 in Accounting

Pada Maret 2009 DSAK IAI mengadakan Public Hearing Eksposure Draft Standar Akuntansi Keuangan Usaha Kecil dan Menengah (SAK UKM). Acara Public hearing merupakan salah satu tahapan dalam due-process procedure sebelum eksposure draft standar akuntansi keuangan diterbitkan menjadi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Tujuan dari public hearing ini adalah untuk sosialisasi isi serta dampak terbitnya SAK UKM oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) dan yang tak kalah pentingnya adalah memberikan kesempatan kepada publik untuk menyampaikan masukan, saran, dan kritik terkait dengan Eksposure Draft SAK UKM. Hal ini dilakukan agar nantinya SAK UKM ini bisa lebih bermanfaat dan dapat diterima oleh seluruh pihak. Selain itu sosialisasi ini juga dimaksudkan agar publik lebih siap terhadap standar baru yang berpengaruh terhadap perubahan perlakuan akuntansi  dan pelaporan entitas.

Lahirnya SAK UKM ini merupakan jawaban atas tuntutan publik terutama sektor Usaha Kecil dan Menengah  yang selama ini membutuhkan standar khusus untuk mengatur UKM. Karakteristik khas yang ada pada UKM membuat berbeda dengan usaha berskala besar dan jika UKM membuat laporan keuangan mengikuti SAK Nasional akan menimbulkan kesulitan dan hambatan bagi UKM, dampaknya bisa menghambat pertumbuhan UKM yang merupakan penggerak roda perekonomian bangsa.

Penyusunan standar yang sesuai dengan karakteristik UKM diharapakan bisa memudahkan Unit UKM di Indonesia dalam membuat laporan keuangan dan berkembang menjadi UKM berskala internasional.

Kita tunggu semoga Standar Akuntansi untuk UKM segera terealisasi dan disebarluaskan ke seluruh masyarakat

sumber: http://iaiglobal.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s