Biaya Penyusutan yang Sering Terlupakan

Posted: February 3, 2010 in Accounting
Tags: , , ,

Para pengusaha UKM, umum sering tidak mengetahui atau melupakan unsur biaya ini dalam perhitungan laporan laba rugi. Biaya ini muncul saat memiliki / membeli barang modal untuk operasional perusahaan.

Penyusutan atau Depresiasi Aktiva Tetap adalah pengalokasian harga perolehan aktiva tetap untuk periode-periode aktiva tersebut digunakan. Suatu barang semakin lama kondisinya & nilainya akan menurun, sehingga kita perlu mengalokasikan harga perolehannya itu selama umur barang itu bisa dipakai.

Contoh – Pengusaha Warnet

Perusahaan membeli satu unit komputer seharga 6 juta, pengeluaran ini jgn langsung dibeban pada laba rugi karena komputer kan ga langsung habis seperti beli tinta atau kertas. Maka munculah yg dinamakan “biaya penyusutan”

Cara menghitung biaya penyusutan:

Dengan menggunakan metode yg paling sederhana yaitu metode garis lurus, hitung kira2 komputer itu bisa dipake berapa tahun, misalnya 5 tahun (5 x 12 = 60bulan)…nah cara ngitung biaya penyusutan per bulan adalah:
6.000.000 / 60 = 100.000

Jadi biaya penyusutan per bulan utk komputer tsb adl Rp.100.000 – jgn lupa ya…masuk ke rugi laba  :D

About these ads
Comments
  1. hery says:

    mas saya mw tanya

    saya baru belajar membuat laporan keuangan
    di kantor saya kan ada barang elektronik
    yang saya mw tanya,
    apakah biaya penyusutan = akumulasi barang elektronik (komputer+ac+printer+scanner+tv+internet)

    makasih ya mas mohon di beri penjelasan ^_^

  2. Trm kasih mas Hery sudah mampir di blog saya…

    Akumulasi penyusutan adalah jumlah dari biaya penyusutan pd suatu periode

    saya ambil dari contoh diatas:

    Biaya penyusutan per bulan adl 100.000
    Jika komputer tersebut telah dipakai selama 10 bulan, maka AKUMULASI PENYUSUTAN adl 100.000 X 10 = 1.000.000

  3. ryobar says:

    mas saya mw tanya
    saya baru belajar membuat laporan keuangan soal gini mas saya sudah dalam setahun membuka usaha ( kios) tapi selama ini saya tidak membuat laporan laba rugi dan masa penyusutannya…… tolong beri tips2….. dong mas….
    makasih ya mas mohon di beri penjelasan ^_^

  4. dirman says:

    mas, gmana ya cra ngitung analisis kelayakan usha

    • banyak metode utk menghitung analisis kelayakan usaha salah satunya adl
      Net Present Value (NPV), metode ini menghitung selisih antara nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan kas bersih di masa yang akan datang. Suatu proyek dikatakan layak secara ekonomis jika nilai NPV positif (lebih besar dari nol), dan jika sebaliknya maka proyek ditolak karena dinilai tidak menguntungkan.

      mau nulis skripsi ya??? ini ada link yg lumayan utk masalah ini

  5. Osda says:

    “Mas..mau nanya ne..!
    “Aq bkerja di sbuah koperasi simpn pinjam..baru2 ini disuru tangni laporan termasuk bikn neraca..nah yg bikin sy bingun biaya pernyusutannya untuk peralatn kntor..dineracaq di kurangkn ke H.P perltn kntr nah..di buln ini klo dikurangkn lgi uda jd minus tuh HP perlatan kntor..gmn solusinya..

    tx be4…!!

  6. kiki says:

    mw anya,
    sebenarnya biaya untuk penyusutan itu ada ketentuan dalam persen ndag sih??
    apa ada aturn dalam perundangan ttg baya penyusutan??
    misal, penyusutan inv.kantor, gedung, atau kendaraan??

  7. feiruz says:

    Sangat membantu, terima kasih….jaya terus umkm indonesia. Singgah juga dibisnis saya ya…Altar Pearl

  8. budi says:

    Pak/Bu Saya ada pertanyaan tentang penyusutan ini:

    Kalo perusahaan sudah tidak aktif tapi masih lapor SPT Tahuan Pajak. Dan ada aktiva yg penyusutannya belum selesai. Apakah harus tetap di-biaya-kan penyusutannya? Lap. R/L nya jadi rugi??

    terima kasih

  9. mahasiswa says:

    mas saya mo tny misal qt beli ac bln nov/2010 lalu dgn hrg 3 juta (misalnya) sy dsuruh bwt laporan laba rugi utk thn 2010. Brarti dihitung cuma 2 bln utk biaya penyusutan y?

  10. Ashar lagalanti says:

    mas saya mw tanya qlo untuk perlatan kantor kayak meja kursi, AC filing kabinet penyusutan per bulan atau pertahunnya berapa persen

    Terima Kasih

  11. boy says:

    maaf mw tanya,aq ada tugas ttg persamaan akuntansi ,trus ada biaya penyusutan
    aq pusing taruhnya dmn?di tabel modal atau gmn..?
    please helpme

  12. yudhia says:

    mo tanya nih
    saya bekerja di ISP, mo nilai penyusutan harga tower, tp gak bisa ngitungnya gmn.
    Tower itu seharga 12.000.000, dah dipake selama 16 bln. selama ini masih diangsur 200.000/bln selama 60 bln. sekarang mo dilunasi, kira2 brp biaya yang hrs dilunasi? trims infonya.

    • biaya penyusutan ini adalah transaksi non-kas pak, jadi tidak ada pembayaran keluar ke pihak lain – fungsinya hanya untuk mengetahui nilai buku dr tower pada periode tertentu…

      Tower dgn harga 12.000.000, misalnya Tower ini bisa berfungsi selama 5 tahun dgn nilai sisa 2.000.000 (perkiraan harga jual tower yg tidak bisa dipakai lagi)
      12.000.000 – 2.000.000 = 10.000.000

      biaya penyusututan per bulan – metode garis lurus:
      (10.000.000 : 5) : 12 = 166.667

      Tower sdh dipakai selama 16 bulan, jadi nilai buku saat ini adl:
      12.000.000 – (166.667 x 16) = 11.000.000

      note: angka2 tsb cuma contoh ya gan…bisa diutak atik sendiri sesuai dgn kondisi yg ada

      klo mau melunasi sisa hutang:
      12.000.000 – (200.000 X 16) = 8.800.000,00

      jadi hutang yg harus dilunasi adl = 8.800.000,00

  13. neni cahyati says:

    mas, maksud dari beban depresiasi kendaraan operasional itu apa?
    dan tolong beri contohnya donk………….

    • penyusutan utk kendaraan operasional, misal spd motor yg digunakan utk pengiriman, bus utk angkutan karyawan dll

      asset2 yg berupa kendaraan ini juga harus disusutkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s